Ibu Berdaya Keluarga Berjaya

Kekuatan Sikap Positif

Kehidupan ini tidaklah ditentukan oleh apa yang diberikan hidup ini kepada kita, namun hidup ini ditentukan oleh sikap yang kita pilih dalam menjalani kehidupan ini. Hidup ini juga tidak ditentukan oleh apa yang terjadi pada diri kita, namun lebih ditentukan oleh bagaimana cara kita memandang apa yang terjadi.

Janganlah patah semangat bila kita mengalami kegagalan, bisa jadi kegagalan ini adalah suatu pembelajaran untuk lebih mendewasakan kita dalam menjalani hidup ini. Pandanglah dari berbagai sudut, cari hikmah dan makna dari kegagalan tersebut, karena hal tersebutlah yang merupakan jalan kita untuk menuju keberhasilan. Kesalahan akan membuat kita berusaha mencari yang benar, dan setiap pengalaman akan menunjukkan pada kita bentuk-bentuk kesalahan yang nantinya tidak akan mengulangi kembali.

Bila kita memiliki sikap positif maka bangunlah terus menerus dalam diri kita, karena hal tersebut akan menghilangkan karat yang ada didalam pikiran kita. Ibarat pelumas yang akan memoles jiwa kita serta akan memacu antusiasme diri dalam menjalani hidup ini.

Itulah mengapa Soekarno, Gandhi, Mandela dan para pejuang-pejuang lainnya mampu menggelorakan semangat masyarakat-nya yang sedang dalam keadaan lemah, merasa ‘tidak bisa melakukan apa-apa’, dan kemudian menjadi mampu melihat peluang dan membangunnya menjadi sebuah kekuatan besar.

Meski tidak sekelas ‘pejuang’ seperti mereka, bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa. Mulailah dengan memberi kalimat-kalimat positif baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. keyakinanlah yang tentu kemudian akan menumbuhkan sikap positif dalam kehidupan kita sehari-hari.
Semoga manfaat

Diramu kembali dari buku Kekuatan Sikap Positif