Ibu Berdaya Keluarga Berjaya

Mengapa Memaafkan?

Memaafkan tidak menunjukan diri lemah, namun memaafkan justru memberdayakan diri.

Seseorang yang tidak dapat mengembangkan kemampuan memaafkan, berarti orang tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mencintai.

Jalan menuju pemaafan itu panjang dan menyakitkan karena itu menyangkut diri sendiri.

Memaafkan tidak berarti melupakan atau mengampuni kesalahan, namun memaafkan membuat keputusan sadar untuk berhenti membenci karena kebencian tidak ada gunanya dipertahankan dalam hidup.

Penyelesaian yang dicari terdapat didalam tindakan memafkan dan penyelesaian itu tergantung pada diri sendiri karena tindakan memafkan tidak berada diluar diri, melainkan didalam diri sendiri.

Seseorang dapat memberikan maaf sebanyak yang diinginkan, dan akhirnya maaf tersebut akan diberikan kembali kepada diri sendiri.

Memaafkan tidak hanya memaafkan orang lain, namun juga memaafkan diri sendiri.

Memaafkan dapat membebaskan dari masa lalu dan menyingkirkan setiap halangan.

Memaafkan adalah suatu anugerah suatu rasa berbelas kasihan

Memberi dan menerima maaf memberikan kepuasan yang seutuhnya.

Yang diperlukan dalam memaafkan adalah kerendahan hati.

Masalah paling besar acapkali bisa diselesaikan dengan dua kata ”maafkan saya”

Alan Paton berkata bahwa “Ada suatu hukum yang tidak bisa ditolak, ketika suatu luka menimpa, kita tidak dapat sembuh bila kita tidak mau memaafkan”.

J.C. Arnold “Memaafkan membebaskan diri dalam kepahitan hidup”

Menurut penelitian terakhir, para ilmuwan Amerika membuktikan bahwa mereka yang mampu memaafkan adalah lebih sehat baik jiwa maupun raga. Orang-orang yang diteliti menyatakan bahwa penderitaan mereka berkurang setelah memaafkan orang yang menyakiti mereka. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang belajar memaafkan merasa lebih baik, tidak hanya secara batiniyah namun juga jasmaniyah.

Pada akhirnya memaafkan, adalah salah satu perilaku yang harus dilakukan karena selain dapat membuat orang menjadi tetap sehat, adalah merupkan sebuah sikap yang mulia dan harus diamalkan setiap orang.

Semoga bermanfaat!