Ibu Berdaya Keluarga Berjaya

Suasana Hati

Setiap orang pasti menginginkan hidup yang aman dan nyaman tanpa ada persoalan yang membebani. Namun kenyataannya sepanjang perjalanan kehidupan manusia selalu ada hal hal sulit yang harus dilalui. Kehidupan tidak akan berjalan mulus seperti apa yang diinginkan.

Satu hal yang perlu dipahami, bahwa tidak ada penderitaan dalam hidup ini kecuali atas izin diri sendiri. Tidak ada kesulitan sebesar dan seberat apapun didunia ini, kecuali hasil buah pikir diri sendiri.

Mau pilih jalan yang mana. Mau dibawa rumit maka hidup akan senantiasa rumit. Diri sendirilah yang merasakan dan menanggung akibatnya.

Sesungguhnya sesuatu yang rumit bisa menjadi sederhana, yang buram bisa menjadi terang. Semua terletak dalam diri, apakah mau mengendalikan SUASANA HATI.

Hati ini bisa berubah bila kita telah berjuang untuk mengubahnya sehingga sesuatu yang buruk menjadi tampak baik. Kita akan kaget melihat hasilnya karena Allahlah yang membolak balik hati hambaNya.

Bila itu berhubungan dengan sesama manusia:

Hindari diri untuk mengingat kata katanya yang mungkin terdengar menyakitkan. Begitu pikiran tergelincir dengan hal tersebut, perasaan tidak nyaman (emosi) muncul dan menguasai diri karena bila emosi meningkat maka akal sehatpun menurun.

Apa yang perlu dibangun adalah pilah dan pilih bahwa yang membuat saya tidak nyaman adalah caranya dia ngomong bukan orangnya. Kenalilah pikiran tersebut.

Setelah itu rasakan dan kemudian kendalikan emosi itu. Bertindak lebih rasional dan jujur. Hal ini akan membantu mengubah sesuatu yang buruk menjadi tampak baik. Bila perlu bicarakanlah hal tersebut, hindari menyerang baik fisik maupun lisan.

Hindari untuk menyerah pada kemarahan orang lain. Bila kita menyerah menunjukkan bahwa kewibawaan kita runtuh dengan kemarahan.

Bila suasana hati bisa dikendalikan, ini kunci ketenangan batin yaitu kedewasaan kita mengenali dan mengendalikan suasana hati

Kita telah melakukan amalan amalan yang diperjuangkan untuk bekal nanti akan menjadi sia sia karena ketidakmampuan mengendalikan diri.

Semoga berhasil
Semoga bermanfaat.
Nana Pras/1 Jan ’18